Rabu, 21 Agustus 2013

Pasar Apple iPhone di China Menurun


Periset dari Canalys melaporkan bahwa pangsa pasar Apple iPhone di China melorot menjadi hanya 5 persen selama kuartal kedua tahun 2013, dari sebelumnya 9 persen di Q2 tahun sebelumnya. Direktur Riset Canalys China, Nicole Peng, menyatakan bahwa kue Apple dimakan oleh ponsel Android murah namun memiliki spek tinggi yang dirilis vendor-vendor lokal seperti Lenovo, ZTE dan Xiaomi.
Saat ini Apple hanya berfokus pada segmen kelas atas, sementara pertumbuhan pasar smartphone di China memang sangat pesat, namun lebih terpusat pada perangkat kelas rendah dan menengah. Apple tidak punya produk di kelas-kelas tersebut, di sanalah Xiaomi membangun brand awareness.
Menurut Shaun Rein, direktur di China Market Research Group, iPhone bukan lagi perangkat bergengsi tinggi yang diinginkan semua orang. Kini orang China sudah puas dengan ponsel Android murah yang memiliki performa dan spek yang bagus. Alasan lainnya, Apple tidak mengijinkan subsidi yang lebih rendah untuk operator China Mobile, operator seluler terbesar di dunia.
Operator China Mobile memiliki 750 juta pelanggan. Negara China sendiri merupakan pasar smartphone terbesar di dunia, dan masih memiliki potensi perkembangan yang lebih pesar lagi. Akan menjadi sesuatu hal yang sangat disayangkan oleh perusahaan yang berpusat di California itu jika hal ini tidak diperhatikan. Namun ini semua bisa berubah jika Apple benar-benar merilis iPhone 5C, versi murah dari iPhone 5, yang ditargetkan untuk negara-negara berkembang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda