Kamis, 25 Oktober 2012

saran upaya dampak negatif dan positif internet

Beberapa Saran dan Upaya Menanggulangi Dampak Negatif dari Internet
Software browser adalah media yang banyak berpengaruh dalam kegiatan berinternet, karena melalui browser inilah kita bisa menjelajahi dunia maya dengan leluasa. Beberapa software browser seperti parental controls software, kids browser, web filter bisa menjadi alternatif penanggulangan dampak negate internet. Software ini bisa menyaring situs-situs, gambar-gambar, atau pun teks yang tidak layak untuk dikonsumsi anak. Ada juga software yang bisa memonitor dan mengawasi aktivitas yang dilakukan anak ketika internet-an. Ini bisa menjadi alternatif apabila anak berinternet di luar dan orang tua tidak bisa mengawasinya secara langsung.
Namun yang paling baik tentunya jika orang tua bisa menemani anaknya ketika berselancar di internet. Dengan demikian orang tua bisa memberikan arahan hal-hal mana yang bisa diterima, dan hal-hal mana yang tidak boleh dilihat. Ini penting karena biasanya orang tua zaman sekarang lebih sibuk dengan pekerjaannya daripada meluangkan waktu untuk menemani si anak browsing-an atau sekadar berkomunikasi dengannya. Dan hal komunikasi ini juga penting karena orang tua perlu mendengar curhatan anak-anaknya, masalah-masalahnya, sehingga anak mendapatkan informasi yang benar yang bersumber dari pihak yang terpercaya, bukan mencari tahu lewat internet yang tidak jarang menyampaikan informasi yang tidak benar.
Peran orang tua di sini dituntut dengan porsi yang paling banyak karena dari beliau-beliaulah anak-anak belajar untuk bersosialisasi dengan dunia luar. Orang tua harus menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik kepada anak-anaknya. Ibu dan ayah harus menegaskan mana saja hal-hal yang boleh dilakukan maupun yang tidak boleh ia kerjakan, seperti menghargai orang lain, tidak boleh mendownload konten-konten yang melanggar hak cipta, dan lain-lain.

Saat berada di sekolah atau di kampus, orang tua dalam hal ini para guru juga harus banyak membimbing anak-anak didiknya dalam melakukan aktivitanya baik di sekolah maupun ketika nanti keluar sekolah. Dalam hal ini adalah untuk membimbingnya dalam berinternet yang sehat.
Pihak pemerintah juga punya andil untuk membentuk generasi mudanya untuk menjadi insane yang berakhlakul karimah. Dengan kekuatan dan kekuasaan yang dimilikinya, pemerintah seharusnya bisa memblokir situs-situs yang membahayakan bagi masyarakatnya.
Ketika upaya-upaya di atas sudah dilakukan, tetapi ada juga yang masih ngeyel, maka kita harus bertawakkal kepada Allah. Kita serahkan perkara ini kepada Allah, biar Allah yang menindaklanjuti pihak-pihak yang melakukan perbuatan yang melanggar  aturan syariah, khususnya dalam hal ini adalah aturan bermuamalah melalui internet.
Dan internet memang merupakan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia apabila ia digunakan dengan bijaksana. Akan tetapi pemanfaatannya kembali pada individu masing-masing. Oleh karena itu belajarlah untuk bijak dalam memanfaatkan teknologi ini mulai sekarang. Jangan sampai teknologi internet yang seharusnya bisa menyejahterakan kehidupan kita, malah membuat kita menjadi orang yang berakhlak buruk.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda