Selasa, 15 Oktober 2013

pinguin kairuku

Kabar baik dari dunia hewan! Ditemukan dua spesies pinguin purba baru oleh para ilmuwan. Selama ini, baru tercatat sekitar 17 spesies pinguin yang menghuni bumi. Siapa saja mereka? Yuk, kita kenalan dengan hewan yang memiliki tinggi hampir dua meter ini!

Penemuan ini berhasil terkuak setelah dilakukan rekonstruksi fosil hewan seperti pinguin yang berusia 27 juta tahun di Selandia Baru. Penelitian dilakukan oleh Museum of Palaentology beberapa bulan lalu. Berdasarkan hasil penelitian, fosil pinguin yang dinamakan Kairuku ini merupakan generasi terakhir dari pinguin purba raksasa.

Ukuran penguin Kairuku lebih besar dari pinguin jenis Kaisar, yang selama ini dikenal sebagai penguin terbesar dengan tinggi sekitar 90 sentimeter. Diperkirakan, tinggi hewan purba ini sekitar 1,5 meter dengan berat mencapai 60 kg. Ini seukuran dengan tubuh manusia dewasa. Pinguin raksasa ini menghuni bumi sekitar 50 juta tahun lalu dan kemudian punah akibat perubahan lingkungan yang sangat drastis.

Kairuku punya paruh yang lebih panjang, tubuh yang langsing dan sayap yang fleksibel. Paruh panjang ini membantu Kairuku berburu makanan di dalam laut. Sedangkan sayapnya berfungsi sebagai alat pertahanan dari para predator. Konon, pinguin purba ini dulunya bisa terbang. Namun, kemampuannya hilang sejak terjadi kepunahan di masa Cretaceous, karena perubahan iklim.

sumber ; http://www.gadis.co.id/gaul/aksi/pinguin.kairuku/001/006/228

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda