Rabu, 20 November 2013

Merawat Lensa Kontak

Merawat Lensa Kontak

Merawat Lensa Kontak Gadis
Selain alasan biar gaya, biasanya orang-orang memilih lensa kontak daripada kacamata karena alasan praktis. Praktis memang, tapi ternyata merawat lensa kontak nggak sesederhana itu. Harus ekstra rajin! Belum lagi, letaknya yang menempel sama mata, bikin kita harus lebih aware juga sama kesehatan mata. Biar nggak salah langkah, GADIS bagi tip perawatannya.
Lepas lensa kontak, sebelum kita tidur. Jika nggak dilepas, akan menyebabkan mata kering dan perih karena kornea yang terluka.
Pakai cairan lensa khusus yang sesuai dan direkomendasikan sama pihak optik. Saat beli, jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya.
Selalu bilas softlens sebelum dan sesudah memakai. Caranya, tuang softlens dan cairan ke telapak tangan, lalu gosok perlahan.
Untuk menyimpannya, cukup rendam lensa dalam wadahnya. Yang perlu diperhatikan juga, cuci wadah lensa dengan cairan khusus, minimal seminggu sekali.
Jangan pernah menggunakan air keran, sekalipun yang sudah matang, untuk membersihkan atau merendamnya. Soalnya, air keran mungkin mengandung kuman penyebab infeksi.
Apabila mata terasa kering, teteskan 2-3 cairan tetes mata khusus lensa kontak. Tetes mata ini berbeda dari tetes mata yang biasa kita pakai untuk menyembuhkan iritasi mata.
Segera ganti lensa kontak saat mata kita mulai merasa nggak nyaman memakainya. Perhatikan juga masa kadaluarsa softlens yang kita punya. Soalnya, setiap softlens punya periode yang berbeda-beda, mulai dari harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Biar nggak lupa, kita bisa catat tanggal pertama pemakaiannya.
Wadah lensa juga perlu diperhatikan kebersihannya. Selain dicuci secara rutin, sebaiknya ganti wadahnya setiap 3 bulan sekali.

sumber : http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/merawat.lensa.kontak/001/007/384

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda